Asam Amino dan Fungsinya

No Comments
Sebelumnya, yuk bahas tenang asam aminonya dulu. Asam amino itu apasih? Asam amino adalah rantai panjang yang membentuk protein saat terikat satu sama lain dalam ikatan peptida. Asam amino ini terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen.

Untuk klasifikasi, asam amino dapat dikelompokkan menurut esensial dan tidak esensial. Asam amino tidak esensial adalah asam amino yang dapat dihasilkan atau dibentuk oleh tubuh. Asam amino esensial adalah asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Artinya, kita harus mendapatkannya dari makanan.

Berikut adalah asam amino golongan esensial

  • Isoleusin
    Jika Anda ingin mendapatkan isoleusin, cobalah untuk mengonsumsi putih telur. Selain tidak banyak mengandung lemak, putih telur ternyata juga mengandung banyak isoleusin. Tidak hanya putih telur, makanan lain seperti domba, kalkun, kepiting, ayam, tuna, ikan kod, dan kedelai juga merupakan sumber isoleusin yang tidak kalah bagusnya.
  • Lisin
    Daging kalkun dan daging ayam bagian dada merupakan makanan yang mengandung lisin cukup tinggi. Setelah kalkun dan ayam, makanan seperti peterseli, selada air, dan rumput laut juga memiliki kandungan lisin yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lisin dari makanan seperti ikan kod serta ikan tuna.
  • Leusin
    Tidak hanya mengandung lisin dan isoleusin, makanan seperti rumput laut, dan tuna ternyata juga mengandung leusin. Sedangkan makanan lainnya yang kaya akan leusin antara lain adalah kedelai, putih telur, dan ayam.
  • Valin
    Makanan yang termasuk memiliki kandungan valin yang tinggi adalah telur. Selain telur, makanan lain yang menjadi sumber valin antara lain rumput laut, selada air, kalkun, dan bayam.
  • Treonin
    Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lainnya untuk makanan yang mengandung treonin antara lain ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.
  • Histidin
    Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lainnya untuk makanan yang mengandung treonin antara lain ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.
  • Fenilalanin
    Guna mendapatkan fenilalanin dengan jumlah yang cukup tinggi, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis daging. Seperti daging kalkun, domba, babi, sapi, atau daging sapi muda. Tepung wijen, tepung biji kapas, dan salmon juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung fenilalanin.
  • Triptofan
    Daging singa laut dan rusa sebenarnya adalah makanan yang mengandung triptofan yang tinggi. Namun, mungkin kedua daging ini tidak familiar dengan Anda dan sulit didapatkan. Guna mendapatkan triptofan Anda juga bisa mengonsumsi kedelai, bayam, rumput laut, kalkun, dan putih telur.
  • Metionin
    Makanan yang mengandung metionin antara lain adalah ayam, kalkun, kepiting, lobster, dan tuna. Namun beberapa makanan tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan putih telur. Putih telur memiliki kandungan metionin yang cukup tinggi. Putih telur juga memiliki kandungan asam amino esensial lainnya yang tentu baik untuk tubuh.

Selamat belajar~
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment