Manfaat Sarapan Pagi

No Comments
mungkin postingan tentang ini sudah ada sebelumnya dalam bentuk bahasa inggris. Kali ini saya akan membaginya dalam bentuk bahasa indonesia :)
--------------------------------------------------------------------------------------------

"Kalau pagi aku nggak lapar"

"Nggak sempet sarapan. Buru-buru, takut telat"

"Aku nggak suka sarapan"

"Aku nggak biasa sarapan"


Saya yakin, di antara kita semua pasting sudah sering mendengar kalimat-kalimat di atas. Atau bahkan kita sendiri pernah mengatakannya. 

Sarapan pagi saat ini sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Banyak sekali alasan yang dilontarkan ketika orang tersebut ditanya alasan mengapa tidak sarapan? mulai dari tidak ada waktu, tidak biasa sarapan, tidak sempat masak dan masih banyak lagi. Setiap harinya, kita membutuhkan energi yang akan kita gunakan di jam pertama kita melakukan aktivitas. Sumber energi itu sendiri bisa kita dapatkan dari sarapan pagi. Sehingga, apabila kita tidak sarapan, tubuh akan mengalami kekurangan energi untuk melakukan aktivitas terutama belajar.

Sarapan pagi sangat bermanfaat bagi setiap orang baik dewasa maupun anak-anak. Berikut beberapa manfaat sarapan

1. Sebagai Sumber Energi
Tubuh kita sangat membutuhkan energi untuk setiap aktiitas yang akan kita lakukan. Sarapan di pagi hari dapat membantu memberikan energi tambahan yang akan menunjang aktivitas kita sepanjang hari terutama pada jam pertama kita melakukan aktivitas.

2. Mengontrol Berat Badan dan Diet
kok bisa? dengan tidak meninggalkan sarapan pagi, kita dapat mengontrol nafsu makan kita di siang hari. Karena jika meninggalkan sarapan, perut akan terasa lebih lapar dan mengakibatkan tidak terkontrolnya pola makan di siang hari sehingga orang akan cenderung tidak memilih dengan baik makanan yang bergizi untuk tubuh. Hal ini tentu dapat merusak pola diet dan berat badan.

3. Mengembalikan Metabolisme Tubuh
Saat tidur, tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali. Sehingga, tubuh dengan sendirinya akan memecah cadangan makanan yang tersimpan di dalam tubuh. Akibatnya, pada pagi hari, kadar gula dalam tubuh akan menurun drastis. Kadar gula akan kembali normal jika kita tidak meninggalkan sarapan pagi. Kekurangan kadar gula dapat menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh dan dapat menyebabkan keluhan pada lambung.

4. Meningkatkan Konsentrasi Otak
Sumber energi bagi otak adalah glukosa. Glukosa bisa didapat dari karbohidrat yang kita konsumsi. Dengan sarapan pagi yang mengandung karbohidrat, dapat meningkatkan kerja otak. Secara otomatis konsentrasi kita pun akan semakin baik dan dapat meningkatkan produktivitas. Hal ini sangat penting terutama untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak sekolah.


5. Menjaga Kesehatan
Sarapan merupakan salah satu faktor yang dapan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa penyakit dapat dicegah dengan tidak meninggalkan sarapan, yaitu penyakit hipertensi, maag, jantung, obesitas, dan diabetes.

beberapa penelitian menunjukkan bahwa 32% orang yang sarapan memiliki resiko terkena diabetes di saat tuanya lebih kecil dibandingkan yang tidak sarapan. Hal ini karena orang yang tidak sarapan pagi akan meningkatkan resistensi tubuhnya terhadap insulin.

Makan pagi dengan makanan yang beraneka ragam akan memenuhi kebutuhan gizi untuk mempertahankan kesegaran tubuh dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Pada anak-anak, makan pagi akan memudahkan konsentrasi belajar sehingga prestasi belajar bisa lebih ditingkatkan  


Jika seseorang tidak sarapan, itu artinya perut akan dalam keadaan kosong sejak makan malam sebelumnya sampai makan siang nanti. Akibatnya kadar gula dalam darah akan menurun. dalam keadaan ini tubuh akan berusaha menaikkan kadar gula dalam tubuh dengan memecah glikogen (cadangan makanan dalam tubuh). tentu dalam kedaan ini tubuh tidak bisa beraktivitas dengan maksimal.

Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-sarapan-pagi

please check my other blog klik disini
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment